Kemarin.. 21 april …. besok 23 April

Dari judulnya, jelas  aku menulis tanggal 22 April kan ? .. he..he.. tentu saja ..

Kemarin 21 April hari yang diperingati bangsa Indonesia sebagai hari Kartini .. btw selain Jawa ada ndak ya yang memperingati Hari Kartini ? … Di Kudus kota kami tercinta, hari Kartini kali ini 2012 diperingati  cukup meriah.. semua tingkatan sekolah dari TK sampai SMA diinstruksikan memperingati dengan mengadakan “apel”  yang dilengkapi dengan pembacaan sejarah Kartini dan sambutan Bupati Kudus… dan dilengkapi dengan saran peserta apel perempuan berbusana kebaya atau busana muslim dan peserta pria berbatik  atau busana muslim juga.. dan btw.. kali ini giliran saya lho jadi pembina apel.. :)  yap ! pembina apel meski hanya di sekolah kami, SMP 2 Kaliwungu Kudus.

Sebagai perempuan … saya masih saja selalu “bingung” dengan apa yang saya mau sampai hari ini..  bahkan meski sudah mengikuti pelatihan “Pengarusutamaan Gender” .. (PUG)

Di satu sisi saya setuju dengan persamaaan gender … (beda lho gender dan perbedaan seks/jenis kelamin…. hasil pelatihan PUG )  terutama saya syukuri kita kaum perempuan sekarang tidak ada bedanya dengan kaum laki 2 dalam hak menuntut ilmu, akses dan informasi …   namun disisi lain saya sangat menjunjung tinggi ajaran Islam bahwa “laki2 adalah pemimpin perempuan”..  saya masih suka dengan adat istiadat Jawa bahwa laki2 adalah pahlawan pencari nafkah keluarga dan perempuan adalah pengatur rumah tangga, bahkan saya suka dengan adat barat .. “lady first” yang menurut saya adalah perlindungan dan penghargaan untuk perempuan… saya juga sering tidak memahami dan geleng2 kepala melihat para aktivis perempuan yang bahkan mereka ada yang menutup aurat namun menentang larangan memakai rok mini.. :( ..

Tentang Kartini, .. saya sangat hargai beliau  terutama keinginannya agar perempuan mendapat pendidikan yang sama denga pria.Namun yang tidak habis pikir untuk apa semua peringatan ini-itu, penuhnya salon2, laris manisnya sanggul dan kebaya bukankah malah menegaskan ketidaksamaan gender? menegaskan sulitnya jadi perempuan bahkan hanya untuk terlihat cantik?  untuk siapa kita berdandan  sampai antre  berjam-jam, ada lho yang sampai ndak sholat subuh?..  berapa rupiah yang perempuan2 habiskan untuk itu? …

Sebagai muslimah, kita juga punya Khatijah yang jauh sebelum Kartini dia tidak hanya menganjurkan namun dia sudah melakukan persamaan gender. Kesetaraan dalam pekerjaan.. bukankah dia seorang pengusaha sukses perempuan? .. kita juga punya Aisyah, dia memberi contoh kesetaraan gender dalam pendidikan.. kita banyak belajar dari hadist2 beliau ..   .. Ok dech cukup dengan kemari 21 april… sekarang besok..

Besok…. 23 April 2012…

UN lagi … UN lagi..  awal membuat blog ini juga menjelang UN 2009 lampau…..

tentang UN, masih belum berbeda dari tulisan2 saya kemarin… saya selalu galau tentang UN … nasib 3 th belajar hanya ditentukan dari 4 hari ujian … tambah lagi dengan semua cerita (saya yakin tidak hanya sekedar cerita)  tentang ketidakjujuran siswa, bahkan guru. Dihubungkan dengan status sekolah ada status SSN yang mana syaratnya haruslah naik nilai UN nya tiap tahun untuk menjadi SSN .. jika sudah rintisan SSN dan nilainya kemudian turun.. harus tunggu beberapa tahun lagi menjadi sekolah rintisan SSN.. so ini bisa jadi menjadikan guru2 menjadi berusaha berbagai cara….

OK  dech… kita tunggu dulu bagaimana nanti.. tapi selalu berusaha lebih baik, harus selalu kita lakukan ..OK?

Tinggalkan Balasan

